Kesimpulan
Dari uraian tersebut sebenarnya
kesimpulannya adalah bagaimana perusahaan itu (khususnya Honda) mampu memenangkan
pasar melalui perencanaan strategis dengan tetap berorientasi pada konsumen
atau pasar. Artinya seluruh bagian organisasi yang ada di dalamnya berupaya
bagimana mendapatkan sistem dan keputusan yang tepat dalam menciptakan kepuasan
pelangan atau konsumen.
Bukti dari organisasi AHM tersebut
fokus pada konsumen adalah terlihat dari Visi dan Misi yang di canangkan.
Sedangkan implementasinya adalah dari banyaknya produk yang mewakili harapan
konsumen serta tanggapan penerimaan konsumen terhahadap produk Honda itu
sendiri. Setidaknya di buktikan dengan angka penjualan yang rekatif selalu
bersaing dan memimpin otomotif motor di Indonesia. Artinya fungsi penawaran dan
permintaan dalam sistem perekonomian tercipta dengan saling memberikan
keuntungan.
Adanya segmentasi pasar, target dan
positioning merupakan strategi dalam persaingan. Hal tersebut sebagai bagian
bagaimana Honda mampu mencarai atau merebut hati konsumen. Terbukti dengan
slogan “One Heart” dan hampir setiap produk mempunyai karakter yang kuat sesuai
dengan target yang di tuju. Inilah keunggulan daya saing yang sebenarnya dari
produk Honda. Yang berarti sesungguhnya untuk menjadi pemenang maka karakter
dan keinginan konsumen mutlak di pahami terlebih dahulu.
Terkait dengan analisi SWOT mungkin
yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan produk yang selalu up to date
sesuai keinginan/kebutuhan masyarakat. Artinya hanya dengan ber Inovasi dan
Perbaikan terus menerus maka akan dapat selalu mencapai kepuasan pelanggan.
Atau dalam arti lain, AHM harus selalu pada target pengembangan produk yang
lebih mutakhir, inovasi teknologi, pengembangan yang kontinyu terhadap
produknya. Selanjutnya AHM juga dapat menjual lebih banyak motor skutik dan
sport yang lebih banyak sesuai dengan permintaan konsumen akhir-akhir ini.
Menjual di tempat lain atau mencari tempat-tempat yang belum pernah dijangkau
termasuk ke pedesaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar